Tips Mendaki Pada Saat Musim Hujan

Tips Mendaki Pada Saat Musim Hujan

Salah satu tantangan bagi para penggemar kegiatan outdoor adalah cuaca yang tidak bersahabat. Terkadang tidak semua pendaki dapat menyesuaikan jadwal mendakinya hanya pada saat musim kemarau saja. Jika di Indonesia, salah satu tantangan mendaki akan dirasakan ketika musim penghujan tiba, sehingga tidak heran jika para pendaki juga perlu menyiapkan peralatan yang perlu dibawa ketika mendaki pada saat musim penghujan. Berikut adalah tips mendaki pada saat musim hujan :

  1. Pilihlah tujuan pendakian dengan bijak. Jangan memaksakan diri untuk memilih gunung dengan jalur yang rawan bahaya ketika musim hujan tiba.
  2. Pastikan semua peralatan siap untuk digunakan. Selalu cek kondisi peralatan yang akan kamu andalkan ketika mendaki. Jangan sampai peralatan vital seperti tenda mengalami kebocoran saat musim penghujan.
  3. Selalu update kondisi cuaca dari gunung yang akan kamu daki. Update cuaca perlu kamu lakukan supaya kamu bisa melakukan antisipasi sebelumnya untuk meminimalisir terjadinya musibah.
  4. Kenali gunung yang akan kamu daki. Perhatikan jalur-jalur yang ada pada gunung tersebut, pelajari karakteristik keseluruhan dari gunung yang akan kamu daki.
  5. Gunakan sepatu atau sandal anti slip. Sebagai antisipasi terperosok atau jatuh saat mendaki, maka ada baiknya kamu menggunakan sandal atau sepatu anti slip.
  6. Gunakan peralatan waterproof. Pilihlah jas hujan atau jaket waterproof yang berkualitas sehingga kamu bisa menjaga kondisi tubuh untuk tetap kering dan terhindar dari kedinginan / hipotermia.
  7. Bawalah tali dan survival kit. Tali akan sangat berguna jika suatu saat kamu harus menghadapi kondisi atau medan yang sangat buruk. Sedangkan untuk survival kita juga akan sangat menolong ketika tiba-tiba terjadi kecelakaan saat mendaki.

Sumber :

http://www.bluetripper.com/2015/11/tips-mendaki-di-musim-hujan-infografis.html

http://www.bluetripper.com/2014/11/tips-mendaki-saat-musim-hujan.html

Posted Under
Uncategorized