Tips Dan Trik Menjadi Pendaki Yang Baik

Tips Dan Trik Menjadi Pendaki Yang Baik

Saat ini, semua orang bisa mendaki gunung. Hobi yang mendadak ngehits ini ternyata tidak diimbangi dengan sikap untuk menjadi pendaki yang baik. Karena ternyata banyak juga pendaki yang keberadaannya malah merusak lingkungan sekitar pegunungan seperti vandalisme, membuang sampah sembarangan hingga memetik tumbuhan yang ada pada area pegunungan. Berikut adalah tips dan trik menjadi pendaki yang baik :

  1. Belajar sebelum mendaki. Belajarlah untuk mengenali medan gunung yang akan kamu daki, waktu tempuh yang dibutuhkan, kebutuhan saat mendaki, dan lain-lain.
  2. Ikuti prosedur untuk safety first. Ikutilah prosedur keamanan pendakian gunung supaya hobimu tidak menjadi musibah buatmu. Karena sekali lagi, mendaki gunung merupakan hobi dengan tingkat resiko tinggi.
  3. Berpakaianlah yang santun. Luruskanlah niatmu untuk mendaki, untuk fashion ataukah memang untuk menikmati alam. Kalaupun untuk fashion, pilihlah pakaian santun yang jangan membuat pendaki lain merasa risih dengan pakaian yang kamu gunakan. Selain itu, pakaian tertutup juga akan menjagamu dari dingin atau luka-luka lain saat kamu mendaki.
  4. Bawa turun sampahmu. Jangan sampai kamu ke gunung hanya untuk nunut pindah membuang sampah. Biarkan anak cucu kita nanti untuk bisa menikmati indahnya gunung yang kita daki saat ini. apa jadinya jika saat ini gunung tersebut kita penuhi dengan sisa sampah?

Sumber : http://www.jalanpendaki.com/2015/05/7-cara-menjadi-pendaki-gunung-yang.html

Berikan rating?