Tips Supaya Nyaman Melewati Pemeriksaan di Bandara

Tips Supaya Nyaman Melewati Pemeriksaan di Bandara

Terdapat aturan menteri nomor 127 mengenai keselamatan penerbangan yang diperuntukkan bagi seluruh bandara di Indonesia. Prosedur keamanan tersebut diterapkan sesuai dengan standar internasional. Salah satu upaya peningkatan keamanan di bandara adalah dengan adanya alat pemindai untuk memeriksa bawaan penumpang di gerbang-gerbang masuk bandara. Namun ada beberapa penumpang yang malah merasa tidak nyaman dengan kebijakan ini. Berikut adalah tips supaya nyaman melewati pemeriksaan di bandara :

  1. Simpan di dalam bagasi

Barang-barang yang bisa kau simpan di dalam bagasi adalah benda-benda tajam seperti pisau, gunting atau perkakas lainnya. Pastikan alat-alat tersebut terseimpan rapi di tas dan dimasukkan ke layanan bagasi pesawat. Jangan ambil resiko dengan membawanya ke dalam bagasi kabin kecuali barang tersebut memang sengaja kamu berikan ke petugas yang biasa menyita barang-barang. Minimalkan membawa barang / alat yang menandung logam jika hanya membawa bagasi kabin.

  1. Lepas aksesori yang mengandung logam sebelum melewati mesin pemindai

Jangan lepas aksesori tepat sebelum melewati alat pemindai atau bahkan setelah diminta oleh petugas karena mengaktifkan alarm scanner, hal ini tentu akan memakan waktu yang bisa menggangu antrian di belakang. Luangkan sedikit waktu untuk melepas ikat pinggang,  jam tangan,  gelang dan menguarkan uang receh supaya tidak terburu-buru saat dihadapan mesin pemindai. Jika tidak mendesak, lebih baik jangan mengenakan kembali aksesori tepat setelah melewati alat pemindai karena juga akan menghambat jalur.

  1. Bawalah tas atau kantong kecil

Untuk memudahkanmu selama pemeriksaan berlangsung, kamu bisa membawa tas atau kantong kecil yang berfungsi untuk mengumpulkan barang-barangmu yang mengandung logam ke dalam tas kecil tersebut selama pemerisaan barang berlangsung.

  1. Jangan bercanda saat melewati pemeriksaan barang bawaan

Jangan sekali-kali kamu berpikiran untuk bercanda atau iseng saat melewati loket pemeriksaan barang bawaan. Bukannya jadi naik pesawat, malah kamu yang akan berurusan dengan petugas pengelola pihak bandara. Mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menindak tegas siapa saja yang memicu keresahan dan mengancam keselamatan penerbangan.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/02/kiat-nyaman-lewati-pemeriksaan-di-bandara

Posted Under
Uncategorized