Perjalanan Ke Kawah Ijen

Perjalanan Ke Kawah Ijen

gambar gunung - kawah ijen
gambar gunung – kawah ijen

Gunung ijen merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur. Dengan satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki fenomena blue fire, membuat Gunung Ijen semakin terkenal di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang ingin berwisata ke gunung ijen bertanya-tanya tentang medan jalan dan jenis transportasi yang bisa digunakan menuju gunung ijen. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai perjalanan ke kawah ijen :

1. Kendaraan roda empat / mobil

sumber : www.bersosial.com
sumber : www.bersosial.com

Akses jalan menuju ke gunung ijen dari kabupaten bondowoso terbagi dua yaitu sudah aspal dan rusak (mirip makadam). Sangat tidak cocok bagi kendaraan jenis sedan karena memiliki tinggi yang sangat rendah. Kendaraan roda empat yang cocok untuk melewati rute ini adalah jenis SUV, Jeep dan MPV. Rute via bondowoso ini memiliki jalan yang agak landai namun lebih jauh jika dari Surabaya dan memiliki kondisi jalan yang semakin rusak dan belum diperbaiki hingga saat ini.

Berbeda lagi jika melewati Kabupaten Banyuwangi, rute yang dilalui lebih dekat, jalan sudah bagus namun memiliki tanjakan dan tikungan curam. Kamu harus memiliki sopir yang handal dalam mengendarai mobilmu ini.

2. Kendaraan roda dua / sepeda motor

sumber : yufinurcan.wordpress.com
sumber : yufinurcan.wordpress.com

Sebenarnya medan apapun bisa dilewati si jago kecil ini, Cuma memang keamananmu akan lebih dipertaruhkan jika menggunakan kendaraan roda dua. Seperti dijelaskan pada poin pertama mengenai medan jalan dari dua rute yang berbeda tersebut, ada baiknya jika kamu menggunakan sepeda motor yang memiliki kopling dan sangat tidak dianjurkan menggunakan sepeda motor matic karena sangat tidak aman dengan kondisi jalan pegunungan yang naik turun.

Semua kendaraan yang akan menuju gunung ijen akan diparkir di paltuding. Disana kamu akan menemui berbagai wisatawan dengan berbagai macam transportasi.

 

Berikan rating?