5 Gunung Berapi Aktif di Indonesia

5 Gunung Berapi Aktif di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang dikelilingi banyak gunung berapi yang tersebar diseluruh pulau. Indonesia memiliki banyak gunung berapi karena Indonesia terletak di dua jalur pegunungan dunia yaitu Circum pasific ( dari Pegunungan Andes sampai New Zealand) dan Circum Mediterania (dari Pegunungan Atlas sampai Pulau Banda). Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 diantaranya merupakan gunung berapi aktif. Sebagian terletak di dasar laut dan tak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi (Ring of Fire) . Berikut adalah daftar 5 gunung berapi aktif di Indonesia :

1. Gunung Merapi

sumber : www.wisata123.web.id
sumber : www.wisata123.web.id

Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini memilik ketinggian 2.968 mdpl. Sejarah mencatat bahwa gunung ini pernah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548. Gunung ini memiliki letusan kecil namun terjadi hampir setiap tahun. Hal yang terkenal pada gunung ini adalah wedhus gembel yang merupakan awan panas yang disemburkan gunung merapi saat meletus.

2. Gunung Kelud

sumber : artikelbandem.blogspot.com
sumber : artikelbandem.blogspot.com

Gunung Kelud bisa dikatakan nomor dua paling aktif setelah Gunung Merapi. Sejarah mencatat gunung ini pernah meletus dan memiliki dampak yang luar biasa sebanyak 7x dengan letusan terakhir terjadi pada tahun 2014. Sejak tahun 1000 M, gunung kelud sudah pernah meletus lebih dari 30 kalo. Gunung Kelud memiliki karakteristik letusan yang singkat namun mengeluarkan material yang sangat banyak. Pada saat letusan tahun 2014, dampak letusan gunung kelud menyebar hingga 60% luas Pulau Jawa.

3. Gunung Sinabung

sumber : regional.kompas.com
sumber : regional.kompas.com

Gunung ini terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupatten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di provinsi Sumatera Utara. Dari tahun 1600 M, gunung ini tidak memiliki sejarah gunung yang memilki letusan dahsyat. Namun, hal tersebut terbantahkan ketika pada tahun 2010 dan 2014 gunung ini kembali meletus.

4. Gunung Bromo

gunung bromo
gunung bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang sangat terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur. Gunung yang identik dengan suku tengger ini memiliki ketinggian 2.392 mdpl. Gunung bromo memiliki bentuk bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau laitan pasir seluas 10 km persegi. Gunung Bromo memiliki sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih 800 m (utara-selatan) dan kurang lebih 600 m (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya adalah berupa lingkaran dengan jari-jari 4km dari pusat kawah bromo. Sejarah mencatat bahwa gunung bromo pernah meletus sebanyak 55 kali.

5. Gunung Kerinci

sumber : giriadventure.com
sumber : giriadventure.com

Gunung yang terletak di Pulau Sumatra ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci terletak di Pegunungan Bukit Barisan dan terletak 130 km sebelah selatan Padang. Puncak Gunung Kerinci berada memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Gunung kerinci memiliki kawah seluas 400×120 meter yang berisi air berwarna hijau. Disebelah timur terdapat danau Bento, sebuah rawa yang memiliki air jernih yang sangat indah dan hampir tak tersentuh. Gunung Kerinci ini memilki tipe stratovolcano yang masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009. Sejarah mencatat, Gunung Kerinci sudah pernah meletus sebanyak 20 kali. Puncak Gunung Kerinci disebut dengan Indrapura.

Sumber :

http://panduanmenarik.blogspot.co.id/2014/02/5-gunung-paling-aktif-di-indonesia.html

http://mastugino.blogspot.co.id/2012/08/nama-nama-gunung.html

Berikan rating?