Apakah Insomnia? Apa pengaruh insomnia bagi kesehatan pendaki?

Apakah Insomnia? Apa pengaruh insomnia bagi kesehatan pendaki?

Pernahkah anda mengalami kesulitan ketika ingin tidur dan terjaga hingga larut malam? Padahal tubuh dan pikiran anda terasa amat lelah, rasa kantuk sangatlah kuat tapi anda tak kunjung bisa tidur. Atau mungkin anda bisa tidur tapi tiba-tiba malah terjaga di tengah malam atau bangun terlalu awal dan tidak bisa tidur lagi? Sesungguhnya anda sedang mengalami apa yang dinamakan orang Insomnia.

sumber : www.healthcare-online.org
sumber : www.healthcare-online.org

Insomnia adalah suatu gejala kelainan yang kadang dialami oleh manusia berupa kesulitan berulang untuk tidur. Pria, wanita, tua maupun muda bisa saja terkena insomnia. Hal ini dikarenakan insomnia bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit, pola tidur yang tidak teratur, pola hidup yang tidak sehat, atau adanya permasalahan psikologis seperti stress yang berkepanjangan.

Pengaruh yang dapat terjadi bagi pendaki saat terkena insomnia:
• TIDAK PRODUKTIF. Dampak serius insomnia adalah turunnya produktivitas sehingga seringkali mengganggu kegiatannya.
• TIDAK FOKUS. Penderita insomnia sering mengantuk di siang hari dan tidak bisa memusatkan perhatian pada hal-hal detail.
• TIDAK BISA MEMBUAT KEPUTUSAN. Mereka tidak dapat memberikan pertimbangan untuk mengatasi masalah, sehingga seringan apapun masalah yang ada, akan terasa berat untuk diatasi.
• PELUPA. Orang insomnia juga sering lupa, bahkan bagi hal yang baru saja dialaminya.
• PEMARAH. Tubuh lelah akibat tidak tidur semalaman membuat penderita insomnia mudah terusik. Hal-hal kecil dapat menimbulkan kemarahan karena penderita insomnia menjadi pribadi yang sensitif.

sumber : www.celltechgroup.com
sumber : www.celltechgroup.com

Sebaiknya jika sudah waktunya beristirahat, disiplinkan dirimu untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kamu bergadang, apalagi jika esoknya kamu masih harus melanjutkan perjalanan. Buatlah tendamu menjadi senyaman mungkin, agar kamu dapat tidur dengan maksimal untuk memulihkan kembali kondisi tubuhmu. Jaga suhu tubuh kamu saat tidur, agar tidurmu tidak terganggu oleh dingin atau panas berlebih.

Sumber:

http://cschaddelee.blogspot.co.id/2015/03/10-tips-cara-mudah-mengatasi-insomnia.html

http://mbahmbeluk.blogspot.co.id/2012/01/hari-ini-terasa-berat.html#ixzz41eIHlt9S

Berikan rating?