Suhu Dibawah 10 Derajat Celsius, Begini Indahnya Gunung Bromo

Walaupun suhu di kawasan Bromo, Jawa Timur, mencapai 3 derajat Celcius, gunung ini tetap menarik perhatian pengunjung. Ratusan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara datang mengunjungi Bromo untuk menikmati sunrise atau matahari terbit.

Puluhan pengunjung dari Jerman berbaju tebal ikut berdesakan menunggu matahari terbit di puncak Bromo sejak pukul 03.00. Sunrise sendiri muncul sekitar pukul 04.00 dan perlahan semakin terang.

Suhu ketika pertunjukan sunrise sekitar 7 derajat Celcius, sehingga para pengunjung datang dengan baju tebal, topi wol, hingga sarung tangan. Berbagai perangkat untuk mengabadikan momen ini pun tersaji di sana, seperti smartphone, kamera, hingga drone.

Perlahan tapi pasti, ketika matahari mulai meninggi, keindahan Bromo mulai nampak. Selfie dan foto-foto pun semakin ramai.

“Kapan lagi melihat pemandangan indah begini. Kalau di Lampung tidak ada, jadi saat ini pantang disia-siakan,” ujar Hendra, salah seorang turis dari Pulau Sumatera, pekan lalu.

Ia datang bersama 2 anak, istri, dan 3 keponakannya. Hendra mengaku, ia memang sengaja datang untuk melihat keindahan Bromo, seperti yang direncanakannya sejak awal tahun ini.

Suhu Capai 5 Derajat Celsius
Kawasan Gunung Bromo dan Semeru lebih dingin dari hari biasanya, bahkan muncul embun salju sejak sepekan terakhir. Suhu berkisar antara 5 sampai 12 derajat celsius di siang hari, sementara malam hari menyentuh 0 derajat bahkan di bawahnya.

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Syarif Hidayat mencontohkan, malam hari di Penanjakan dan beberapa titik lainnya suhu menyentuh sampai 0 derajat. Muncul fenomena frost atau embun upas berupa butiran es terpantau beberapa kali.

“Memasuki kemarau di sana sedang ada fenomena frost atau embun upas seperti butiran es. Meskipun tidak setiap hari, tapi sudah dilaporkan frost itu muncul,” jelas Syarif Hidayat, Sabtu (22/6).

Banyak pengunjung yang terpesona dengan pemandangan ini dan lagi-lagi ber-selfie di sana. Sejuknya udara gunung dan hamparan es ini membuat kabut-kabut tipis keluar dari mulut ketika berbicara dan dari hidung saat bernapas.

Sumber : – https://www.suara.com/lifestyle/2019/07/02/121600/di-suhu-3-derajat-celsius-begini-indahnya-gunung-bromo

– https://plus.kapanlagi.com/suhu-capai-0-derajat-kawasan-gunung-bromo-dan-semeru-dipenuhi-embun-salju-
b4bbee.html

Berikan rating?