Jenis-Jenis Jas Hujan untuk Mendaki

Jenis-Jenis Jas Hujan untuk Mendaki

Curah hujan yang tinggi dapat menghambat aktivitas kita ketika perjalanan naik gunung. Salah satu faktor keamanan untuk pendaki di saat cuaca yang basah pada waktu musim hujan datang adalah membawa jas hujan. Kita tidak akan tahu hujan akan turun, maka dari itu persiapakan terlebih dahulu sebelum anda melakukan pendakian. Adapun beberapa jenis jas hujan untuk mendaki yang simple dipakai ketika mengalami hujan dadakan di area gunung:

  • Jas Hujan Ponco

sumber : fjb.kaskus.co.id
sumber : fjb.kaskus.co.id

Jas hujan sering dibilang jas hujan klebet. Bentuknya sederhana, seperti jubah yang memiliki belahan samping padahal memang sampinya tidak tertutup. Ukurannya bermacam-macam, bila milik TNI bisa panjang kebawah jadi bila digunakan lebih aman karena terduduki maka tidak akan mengibas kemana-mana. Selain sebagai alat pelindung dari hujan ,jas hujan ini juga dapat berfungsi sebagai bivak karena ponco ini terbuat dari bahan tahan air.

  • Jas Hujan Overcoat

sumber : www.grosirjashujan.com
sumber : www.grosirjashujan.com

Jas hujan ini seperti jaket atau mantel. Bila di Indonesia yang bisa digunakan oleh pekerja tambang dan Kepolisian. Bila hujan Polantas memakai Jaket berwarna Putih seperti jaket panjang ke bawah.

  • Jas Hujan Training / Setelan Bawah dan Atas/ Jaket hujan

sumber : read.motorplus-online.com
sumber : read.motorplus-online.com

Jas hujan ini ada bagian yang digunakan seperti namanya. Dua bagian dimaksud adalah setelan atas berupa jaket dan setelan bawah berupa celana. Biasanya sangat cocok untuk mengendarai sepeda motor Sport.

Sebuah jaket hujan biasanya dikombinasikan dengan sepasang celana hujan. Jas hujan yang pertama dibuat pada tahun 1823 oleh Charles Macintosh. Pada waktu itu jas hujan buatannya adalah berupa dua lembar kain katun yang di tengahnya disekat dengan lapisan karet.

Nah, jadi kalian yang ingin mendaki gunung jangan khawatir untuk memilih jas hujan, karena jenis-jenis jas hujan diatas bisa kita manfaatkan untuk mendaki gunung, asalkan tidak mengganggu aktivitas kalian.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Jas_hujan

http://jashujanaxiooriginal.com/

Berikan rating?