Pertolongan Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tertusuk Bulu Babi

Pertolongan Pertama yang Bisa Kamu Lakukan Saat Tertusuk Bulu Babi

Bagi kamu yang biasa main-main ke pantai, pasti tau hewan jenis ini. Yap, bulu babi atau landak laut ini seluruh tubuhnya tertutupi oleh duri. Dari bentuknya yang kecil itu, mungkin kita terbiasa menyepelekan hewan tersebut. Namun jangan salah, kamu bisa mengalami gatal-gatal, pegal, perih dan nyeri seluruh tubuh karena tertusuk duri-duri bulu babi tersebut. Efeknya memang nggak langsung terasa, tapi saat racun bulu babi mulai menyerang, bagian sekitar tubuh yang telah tertusuk duri bulu babi pun terasa gatal-gatal. Bila tidak segera ditangani, kamu akan merasakan rasa gatal yang berkepanjangan. Bahkan bisa lebih dari seminggu lho. Terus, bagaimana pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat tertusuk bulu babi :

sumber : www.jitunews.com
sumber : www.jitunews.com
  1. Segera menjauh dari lokasi, karena bulu babi ini ternyata mereka suka bergerombol

Bulu babi suka bergerombol di perairan dangkal, sehingga jika kamu sudah tertusuk duri bulu babi, segeralah menjauh dari lokasi tersebut sebelum kamu terkena kawanan bulu babi lainnya.

  1. Jangan terlalu panic jika kamu sudah terkena bulu babi

Jika kamu sedang enak-enak snorkeling dan ternyata tidak sengaja tertusuk bulu babi, segeralah kembali ke atas kapal secara perlahan dan tidak perlu panic.

  1. Jika sudah terkena, cabutlah duri yang tertinggal di telapak kaki atau di bagian tubuh lainnya

Setelah kamu menemukan lokasi yang tepat, cabutlah-duri-duri tersebut menggunakan penjepit / pinset sebagai alat bantu.

  1. Setelah itu, pukul-pukul bagian yang tertusuk duri tersebut menggunakan benda tumpul

Setelah mencabut, kamu masih harus menghancurkan duri-duri yang tersisa di telapak kakimu dengan cara menepuk-nepuk atau memukul bagian kaki yang tertusuk oleh duri.

  1. Berilah air seni / air kencing pada bagian badan yang terkena bulu babi

Air seni mengandung asam amoniak yang berfungsi untuk menguraikan racun yang tertinggal di kaki. Ini adalah pertolongan pertama yang sangat penting saat kamu berada jauh dari rumah sakit.

  1. Untuk penanganan lebih lanjut, oles juga antiseptik

Sebenarnya dengan menyiramkan cairan amoniak alami dari air seni sudah cukup untuk melunturkan racun-racun bulu babi. Namun, untuk perawatan yang lebih maksimal, oleskan obat antiseptik untuk menghindari infeksi.s

http://phinemo.com/pertolongan-pertama-yang-harus-dilakukan-saat-tertusuk-bulu-babi/

Berikan rating?