Tips dan Trik Menyeimbangkan Hobi Travelling dan Aktivitas Kamu

Tips dan Trik Menyeimbangkan Hobi Traveling dan Aktivitas Kamu

Banyak orang berpikir bahwa hobi traveling memang menyita waktu dan uang saku. Jika kita sudah menganggap traveling adalah bagian dari hidup kita, ternyata hobi tersebut tidak hanya menyita waktu dan uang kita saja, namun bisa jadi kita akan kesulitan untuk menyeimbangkannya dengan aktivitas harian kita. Sehingga perlu beberapa tips atau cara untuk menyeimbangkan antara hobi dan aktivitas sehari-harimu. Berikut adalah tips dan trik menyeimbangkan hobi travelling dan aktivitas kamu :

  1. Harus bisa membedakan prioritas hidup dan tujuan hidup

Kamu bisa memulainya dengan menegaskan pada diri sendiri tentang mana yang prioritas hidup dan tujuan hidup. Dengan begitu, kamupun tetap bisa menikmati hobi traveling namun juga mencapai cita cita maupun tujuan hidup yang kamu inginkan karena kamu memiliki tujuan dan prioritas yang jelas.

Jangan sampai hobimu membuatmu terlena sehingga tidak bisa menyeimbangkan keduanya. Karena semua hal butuh proses, maka dari itu kamu harus tetap tahu mana prioritas dan tujuan hidupmu.

  1. Tegaslah dengan diri sendiri, kamu bisa memanfaatkan kalender untuk membuat jadwal

Jika kamu kesulitan untuk mengatur atau menyeimbangkan antara hobi dan aktivitas sehari-hari, kamu bisa membuat jadwal khusus di kalender yang sudah disertai dengan alarm. Kembali lagi dengan sikap tegas, ketika alaram tersebut sudah menunjukkan waktunya bekerja atau focus dengan aktivitas shari-hari maka kamupun harus melakukannya. Begitu juga dengan alarm untuk traveling, kamu harus merencanakan sekaligus merealisasikannya

  1. Push your limits

Lakukan semuanya dengan maksimal, biasanya ada istilah “play hard, work harder”. Hal tersebut bisa kamu lakukan jika kamu sudah bisa membedakan tujuan antara mana yang aktivitas sehari-hari dan mana yang hobi.

  1. Pilihlah pekerjaan yang berhubungan erat dengan traveling

Opsi terakhir jika kamu tidak bisa mengontrol keinginanmu untuk traveling, maka kamu bisa mencari pekerjaan yang terkait dengan traveling. Missal saja menjadi travel writer, travel photographer, pramugara / pramugari, membuat jasa open trip atau travel presenter.

  1. Jangan lupa untuk atur keuangan agar biaya hidup tidak berantakan

Perhatikan keuanganmu diawal bulan. Aturlah sedemikian rupa sehingga kamu tetap bisa traveling dan juga tidak mengalami kantong kering untuk aktivitas harian. Yang jelas, kamu juga tetap bisa menabung untuk membiayai kebutuhan yang datangnya mendadak.

  1. Tetaplah untuk menjadi diri sendiri

Untuk membuat hobi dan aktivitas harian menjadi seimbang, menjadi diri sendiri adalah hal yang sama pentingnya dengan poin-poin lain. Karena yang berubah adalah bukan karakter dirimu, tapi skillmu.

Sumber :

Tips Menyeimbangkan Hobi Traveling dan Aktivitas Harian

Berikan rating?