Tips Melakukan Snorkling

Tips Melakukan Snorkling

Salah satu fasilitas wisata yang biasa kita dapatkan pada wisata pantai adalah snorkling. Tidak seperti renang pada biasanya, snorkling dilakukan di lautan bebas. Tantangan yang kita hadapi saat snorkling adalah kita harus mampu menahan kuatnya arus lautan saat berenang. Dan tentu, jangan panik jika kamu sedikit terbawa arus lautan.

Snorkel memiliki arti mengapung, jadi saat snorkel kaki dan tangan diam saja (pasif), kecuali ingin pindah lokasi ataupun hendak ke pantai, barulah kaki dan tangan mengayuh menuju tepi, Usahakn posisi kepala menunduk bukan melihat kearah depan, tapi melihat bawah karena ini akan sangat membantu tubuh tetap stabil mengapung. akan lebih baik jika posisi tubuh terlentang dengan wajah mengerah ke dalam air. karena itu akan membuat kalian tetap mengambang. Berikut adalah tips lebih lanjut saat melakukan snorkling :

  1. Cek peralatan dan cara pemakaian

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan peralatan apa saja yang dibutuhkan seperti masker dan kaki katak.  Cek juga kelayakan dari alat snorkel yang kamu gunakan, pastikan ada yang bocor atau tidak. Begitu juga dengan kaki katak, pastikan kaki katak masih lentur dan sesuai dengan ukuran kaki. Kamudian, jika anda memiliki rambut yang panjan, kuncirlah rambut anda sehingga tidak mengganggu pemandangan saat melakukan snorkling.

  1. Lakukan snorkling secara berkelompok dan jangan berenang terlalu jauh

Pastikan ketika kamu melakukan snorkling untuk tetap bersama dengan kelompok anda. Karena terkadang anda terlalu menikmati saat snorkling sehingga anda terpisah jauh dari orang-orang sekitar anda. Snorkling hanya menggunakan alat yang sederhana, sehingga tidak disarankan untuk snorkling terlalu jauh karena bisa membahayakan.

  1. Biasakan dirimu untuk bernapas dengan snorkel

Lakukan latihan bernapas menggunakan snorkel. Gunakanya untuk membiasakan anda bernapas dengan snorkel saat berada di dalam air. Saat sudah di dalam air, buatlah diri anda senyaman mungkin.

  1. Nyamankan dirimu saat berada di dalam air

Kamu bisa memulai snorkling dengan posisi tubuh kaki terangkat dari dasar dan posisikan tubuh telungkup menghadap ke bawah, buka kaki dan tangan sedikit lebar dan cobalah untuk menyeimbangkan dan mengapung di atas air. bernapaslah melalui mulut, lalu ayunkan kaki seperti gerakan renang gaya bebas.

  1. Masker dan snorkel clearing

Merupakan hal yang biasa jika air laut masuk ke dalam snorkel karena datangnya ombak yang tak menentu. Cara membersihkannya, Anda tidak perlu keluar dari air, cukup menarik nafas panjang, lalu hembuskan kuat-kuat dengan mulut, sehingga air keluar melalui corong snorkel karena dorongan udara. Setelah itu bernapas lagi dengan normal. Apa pun yang terjadi jangan panik. Karena hanya akan membuang-buang tenaga Anda di dalam laut.

  1. Jangan panik

Apapun kondisi yang ada saat itu, janganlah panik. Tetaplah tenang jika air masuk ke snorkel atau masker anda, seimbangkan posisi tubuh anda. dan gunakan kaki katak atau fin untuk penyeimbang.

Sumber :

8 Tips snorkeling bagi pemula dan yang tidak bisa berenang

Berikan rating?