Pergi Ke Bromo Dan Semeru Menelusuri Rute Via Tumpang-Malang

Pergi Ke Bromo Dan Semeru Menelusuri Rute Via Tumpang-Malang

sumber : litaetlavie.blogspot.com
sumber : litaetlavie.blogspot.com

Salah satu kota yang berada di sekeliling Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah Kabupaten Malang. Banyak pendaki dari luar Jawa Timur menggunakan transportasi kereta api tiba di Kota Malang untuk mendaki gunung bromo atau semeru. Jika mereka memilih Kota Malang sebagai kota transit, biasanya mereka menuju Bromo atau Semeru lewat Tumpang. Lebar jalan rute ini sekitar 3-4 meter saja, cukup untuk dua mobil bersimpangan meskipun harus sedikit merepet ke bahu jalan. Kondisi jalan hingga saat ini (11-12-2015) sedang diperbaiki karena sebelumnya kondisinya yang rusak parah. Ada baiknya jika kamu melewati jalan ini dengan rombongan karena jalan ini sangat sepi dan jarang warga yang berlalu lalang. Hindari perjalanan malam via rute ini dan isi penuh bensin kendaraan anda. Berikut adalah pengalaman yang akan kamu rasakan ketika melewati jalur Tumpang untuk menuju Gunung Bromo atau Gunung Semeru :

1. Jalan yang terus menanjak

sumber : kaskus.co.id
sumber : kaskus.co.id

Ini adalah tantangan pertama yang akan dihadapi para sopir kendaraan yang melewati jalur ini. Jalanan di rute ini menanjak sangat landai tetapi menanjak terus menerus. Para sopir juga harus pintar memainkan kopling itu menghidari aus pada kampas kopling mobil anda. Namun kebanyakan kendaraan roda empat yang melewati jalur ini adalah jenis jeep. Ada penyewaan jeep yang ditawarkan untuk menuju gunung bromo via rute ini. Jenis kendaraan lain yang melewati jalur ini adalah sepeda motor. Pengalaman saya sungguh luar biasa ketika melewati jalur ini, mulai mesin sepeda motor yang sangat panas sampai gas kendaraannya habis, sehingga mau tidak mau saya dan rombongan harus istirahat sejenak untuk mendinginkan mesin sepeda motor kami.

2. Penuh tikungan tajam

sumber : kompasiana.com
sumber : kompasiana.com

Tantangan kedua yang dihadapi oleh para sopir kendaraan adalah tikungan-tikungan tajam yang mencapai hingga 345 derajat. Perlu diperhatikan bahwa di jalan ini minim penerangan dan rambu-rambu lalu lintas. Sehingga mau tidak mau pengendara harus sadar keselamatan antar pengendara yaitu dengan sering membunyikan klakson ketika akan belok dan menyalakan lampu depan motor. Selain itu pengendara harus tetap fokus dan konsentrasi supaya tidak mengakibatkan kecelakaan.

3. Pemandangan indah selama perjalanan

sumber : kaskus.co.id
sumber : kaskus.co.id

Selama perjalanan kamu tidak akan bosan memandang panorama di sebelah kanan dan kiri jalan. Pemandangan yang akan merefreshing mata dan pikiranmu. Ketika kamu mulai masuk pos pembayaran tiket kamu akan melihat banyak aktivitas dari masyarakat sekitar. Mata pencaharian masyarakat sekitar gunung bromo adalah bercocok tanam. Setelah itu kamu akan melihat bukit teletubbies dari kejauhan.

4. Hawa sejuk beserta kabut-kabut tipis

sumber : www.kompasiana.com
sumber : www.kompasiana.com

Di musim hujan, kabut akan nampak semakin tebal. Sehingga ada baiknya jika kamu terus menyalakan lampu kendaraanmu sehingga tidak membahayakan kendaraan lain. Jangan lupa untuk sudah mulai menggunakan jaket sejak awal perjalanan karena suhu akan semakin dingin selama perjalanan.

5. Menjumpai kendaraan yang berhenti karena rusak atau hanya sekedar untuk mengistirahatkan mesin kendaraan

sumber : klxadventure.com
sumber : klxadventure.com

Tidak jarang kendaraan yang harus berhenti di tengah jalan karena mungkin mesin mobil yang tidak kuat atau karena sopir yang tidak terlalu mahir dalam menghadapi medan. Namun jangan lupa untuk selalu sedia peralatan cadangan untuk menghadapi permasalahan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Tidak direkomendasi untuk mobil yang sudah berumur tua untuk melewati jalan ini kecuali untuk jenis mobil jeep

Sumber :

http://www.kaskus.co.id/thread/5482371a1cbfaa8c298b4569/indahnya-bromo-via-tumpang-malang/

http://www.kompasiana.com/aremangadas/jalur-berbahaya-menuju-gunung-bromo-dan-semeru-lewat-malang_54f7a2cba33311be208b45aa

Berikan rating?