Makanan Yg Bisa Kamu Bawa Saat Pendakian

Makanan Yg Bisa Kamu Bawa Saat Pendakian

sumber : insalamina.blogspot.com
sumber : insalamina.blogspot.com

Hawa udara yang dingin dan kondisi tubuh yang lelah membuat seorang pendaki menjadi cepat lapar. Sedangkan kita dituntut untuk pandai dalam memanajemen stok logistik yang kita bawa supaya cukup dan tidak kekurangan selama pendakian di gunung. Untuk itu, ada baiknya jika kita lebih memperhatikan logistik yang kita bawa supaya kondisi fisik selama pendakian juga lebih fit. Berikut adalah daftar makanan yang bisa kamu bawa saat pendakian :

1. Nasi atau umbi?

sumber : www.usahalaundry.co.id
sumber : www.usahalaundry.co.id

Saat mendaki, sebisa mungkin untuk meminimalisir penggunaan air karena jumlah sumber air yang terbatas. Karena biasanya ketika kita lelah, hal pertama yang kita cari adalah air. Untuk itu, ketika makan sebisa mungkin meminamalisir penggunaan air dalam masak. Meskipun biasanya orang indonesia dibilang tidak makan jika tidak makan nasi, namun sepertinya kamu harus mengganti kebiasaan itu saat mendaki. Kamu bisa memilih jenis makanan alternatif pengganti karbohidrat untuk energimu selama mendaki dengan umbi. Umbi bisa dikonsumsi hanya dengan dibakar atau digoreng. Jika kamu tidak memiliki umbim kamu bisa membawa kentang mentah untuk digoreng.

2. Mie instant atau oatmeal?

sumber : www.krispykreme.com
sumber : www.krispykreme.com

Mie instan memang memiliki aroma dan rasa yang luar biasa, sehingga membuat mayoritas anak muda menggemarinya dan bahkan membawanya untuk konsumsi saat mendaki. Namun, perlu kita tahu bahwa mie instan cepat dicerna oleh tubuh sehingga membuatmu cepat lapar dan tidak banyak memberimu banyak energi. Sehingga ada baiknya kamu memilih oatmeal sebagai penggantinya karena mengandung serat tinggi dan bisa menggantikan energimu selama pendakian.

3. Telor, sosis atau sarden?

sumber : ikobana.blogspot.com
sumber : ikobana.blogspot.com

Bisa bayangkan jika kita harus membawa telor selama pendakian berlangsung? Kondisi telor yang tidak mudah bertahan lama sebaiknya perlu kamu pertimbangkan ketika akan membawanya. Sedangkan untuk sarden, kamu akan menyisakan sampah kaleng yang bisa merobek tasmu. Sehingga ada baiknya jika kamu membawa sosis atau protein kering seperti teri kacang dan abon. Makanan tersebut lebih awet dan tentu lebih praktis.

4. Minuman hangat atau Bir?

sumber : www.mychaoskitchen.com
sumber : www.mychaoskitchen.com

Kondisi udara pegunungan yang dingin membuat para pendaki untuk membuat minuman penghangat tubuh. Namun, manakah yang harusnya kamu pilih? Sebagai pendaki yang berakal sehat, sama sekali tidak ada baiknya kamu membawa minuman keras / alkohol selama pendakian karena alkohol memberi efek samping terhadap kesadaran dan emosi pendaki yang tentu bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Kamu bisa menggunakan alternatif lain berupa wedang jahe atau kopi yang bisa membantumu untuk menyegarkan pikiran dan juga menghangatkan tubuh tanpa memberikan efek samping pada kesadaranmu.

 

Sumber :

http://phinemo.com/makanan-yang-harus-dibawa-dan-dihindari-saat-pendakian/

Berikan rating?