Bingung Menggunakan Kompas? Yuk Ikuti Tahapannya

Bingung menggunakan Kompas? Yuk ikuti tahapannya

Gambar gunung - Kompas brunton

Anda ingin menjelajahi pegunungan bersama rombongan? Jangan lupa juga untuk membawa kompas sebagai penunjuk arah. Tetapi apakah Anda sudah bisa menggunakan kompas dengan baik? Apakah sudah mengetahui bagaimana car kerja kompas di lapangan? Itu tandanya Anda perlu mengenal kompas dan cara penggunaannya. Pada kompas terdapat jarum dan busur penunjuk arah yang akan selalu mengarahkan jarum ke arah utara dan selatan, sehingga dengan alat ini maka kita akan dapat menentukan arah yang lain. Yang menjadi permasalahan adalah kita tidak selalu menggunakan/membawa kompas, jika kita tidak membawa kompas maka bisa menggunakan alam sekitar kita sebagai media untuk menentukan arah.

Adapula cara yang bisa Anda coba untuk menggunakan kompas (kompas Orientering) sebagai penunjuk arah :

Gambar gunung - Kompas

  1. Letakkan pinggir dari kompas sehingga membuat garis dari posisi Anda ke arah posisi yang akan Anda tuju (sehingga pinggir dari kompas membuat garis lurus yang menghubungkan posisi Anda di peta ke tempat yang akan Anda tuju). Pada diagram disamping, sudut kompas diambil dari tikungan jalan ke kontrol point nomor 3 (jalan digambarkan oleh garis hitam; tAnda merah dibuat di diagram ke titik luar dari tikungan jalan.) pastikan bahwa arah dari panah perjalanan pada puncak kompas menuju ke arah yang akan Anda tuju, dan bukan ke arah sebaliknya.
  2. Letakkan kompas di atas peta, dan biarkan jarum bergerak beberapa saat, putar piringan kompas sehingga garis lurus pada rumah kompas sejajar dengan utara peta. Pastikan bahwa N pada piringan menghadap ke utara (dan bukan ke selatan).
  3. Biarkan susunan yang sudah Anda buat tersebuat, putar badan, kompas dan peta sampai warna merah pada jarum kompas mengarah ke N pada piringan. (Ingat, jarum jarum tidak berputar/jarum selalu mengarah ke utara, Anda kompas dan peta mengelilinginya. Arah dari panah perjalanan pada kompas sekarang mengarah ke tujuan yang Anda inginkan.

Ingat bahwa fungsi yang paling penting dari kompas adalah untuk mengorientasikan peta. Dan ingat, membaca kompas masih sangat penting juga! Pada tahap ini seorang orienteer mungkin siap untuk membuat peta yang sangat sederhana pada area yang sangat sempit, misalnya pada halaman sekolah.

Sumber :

http://pendakijakarta.blogspot.co.id/2014/08/menentukan-arah-pada-peta-serta-tAnda.html

http://kpasavana.blogspot.co.id/2011/08/cara-menggunakan-kompas.html

Berikan rating?