Cara Membongkar Tenda yang Benar

Cara Membongkar Tenda yang Benar

sumber : www.merapimountain.com
sumber : www.merapimountain.com

Setiap kali kita melakukan pendakian gunung atau kemping, satu yang selalu kita bawa adalah tenda. Tenda merupakan tempat yang terbaik untuk berlindung terhadap angin, hujan dan dingin. Disinilah kita beristirahat dengan sebaik-baiknya, setelah seharian penuh berjalan. Tidur di tenda yang nyaman akan mengembalikan tenaga, agar anda mampu melanjutkan pejalanan esok hari. Perlu tips dan trik khusus yang bisa kamu gunakan saat kamu akan membongkar tenda.

Cara membongkar tenda tampaknya mudah, tetapi kenyataan banyak pendaki yang berbuat kesalahan, hingga sering tenda yang telah digulung kembali kelihatan berantakan dan lipatannya lebih besar.  Ini mengakibatkan tenda sukar masuk kedalam kantungnya. Berikut ini cara praktis membongkar tenda :

  1. Keringkan Tenda

Setelah selesai berkemah, biarkan tenda kering secara menyeluruh di bawah sinar matahari sebelum mengepaknya. Usahakan tenda benar-benar kering untuk menghindari timbulnya jamur di bagian dalam tenda. Lepaskan rainfly, pasak, serta keluarkan benda apapun yang ada didalam tenda dan tepuk kain tenda agar udara dari dalam tenda dapat keluar.

  1. Gulung Tenda dan Rainfly.

Jangan pernah melipat kain tenda seperti saat melipat kemeja atau bendera agar kain tenda tidak berkerut atau kusut. Oleh karena itu, gulung kain tenda dan masukkan ke dalam tas tenda. Ini dapat membantu menjaga agar kain tenda tetap berada dalam kondisi yang baik serta tidak bocor. Dengan begini, tenda akan lebih tahan lama. Pastikan sebelum memasukkan komponen-komponen tenda yang lain ke dalam tas tenda, ada baiknya memasukkan terlebih dahulu tenda dan rainfly.

  1. Masukkan Tiang Rangka dan Pasak ke dalam Tas Tenda.

Setelah memasukkan tenda dan rainfly, masukkan tiang rangka dan pasak ke dalam tas dan simpanlah komponen-komponen tersebut di samping tenda dan rainfly, berhati-hatilah agar tiang rangka dan pasak tenda tidak sampai merusak atau merobek tenda. Biasanya terdapat tas terpisah untuk menyimpan tiang rangka dan pasak sehingga mengurangi risiko tenda sobek karena terkena tiang rangka atau pasak yang tajam.

Setelah membongkar tenda ada baiknya di angin-anginkan terlebih dahulu, untuk mencegah terjadinya kerusakaan yang disebabkan karena udara lembab yang terjebak, sehingga membuat kain tenda membusuk. Bila perlu, angin-anginkan di bawah sinar matahari.

Sumber :

http://id.wikihow.com/Mendirikan-Tenda-Dome

http://teamgoa-campingrent.blogspot.co.id/2010/06/tips-cara-memasang-tenda.html

Berikan rating?