6 Aplikasi Smartphone Yang Cocok Bagi Para Pendaki

6 Aplikasi Smartphone Yang Cocok Bagi Para Pendaki

sumber : mozaic.co.id
sumber : mozaic.co.id

Teknologi sudah semakin maju, kini hampir setiap orang pasti punya ponsel pintar atau smartphone yang selalu dibawa kemanapun mereka pergi. Beragam aplikasi smartphone seringkali sangat berguna sebagai alat bantu mempermudah pekerjaan ataupun sebagai penolong saat menghadapi kesulitan. Zaman yang semakin canggih dan dimudahkan dalam segala hal ini ternyata juga bisa membantu kita dalam menikmati hobi mendaki kita. Adanya aplikasi-aplikasi ini sedikit banyak dapat membantu kita dalam penentuan keputusan dalam pendakian. Berikut adalah aplikasi – aplikasi smartphone yang cocok bagi para pendaki :

  1. Kompas

Biasanya kamu memiliki kompas yang asli sebagai navigasi darat, namun tidak ada salahnya kamu juga mengunduh aplikasi ini karena siapa tau kamu membutuhkannya sewaktu-waktu. Unduhlah aplikasi kompas yang bisa digunakan secara offline.

  1. Altimeter

Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui kita berada pada posisi ketinggian berapa. Biasanya aplikasi ini juga dilengkapi dengan peta.

  1. Perkiraan cuaca

Aplikasi peramalan cuaca ini biasanya sudah ada di dalam bawaan smartphone yang kamu miliki. Cuaca berperan penting dalam perencanaan pendakianmu. Aplikasi ini memberikan banyak kemudahan untuk mengetahui perkiraan cuaca untuk beberapa jam atau beberapa hari ke depan pada lokasi tertentu. Aplikasi hanya meramalkan saja, sehingga tidak sepenuhnya akurat 100%.

  1. PMI – First Aid

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pendaki ketika sewaktu-waktu harus menghadapi hal-hal sulit seperti kecelakaan atau terserang penyakit. Informasi tentang berbagai jenis penyakit, beserta langkah-langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan sudah tersedia pada aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki penampilan yang menarik dan mudah digunakan.

  1. SAS – Survival Guide

Aplikasi ini memberikan panduan kita bagaimana untuk bertahan hidup pada situasi-situasi terburuk. Informasi yang tersedia cukup lengkap, dab banyak juga fitur-fitur tambahan yang memudahkan penggunaan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini menggunakan bahasa inggris, karena memang dibuat oleh orang Amerika.

  1. LED Torch

Flash pada kamera bisa kamu gunakan sebagai senter cadangan ketika kamu mendaki. Penggunaan flash sebagai senter akan cepat menghabiskan daya pada bateraimu, sehingga ada baiknya kamu juga menghemat penggunaannya.

Sumber : http://www.bluetripper.com/2015/10/9-aplikasi-smartphone-yang-berguna.html

Berikan rating?