Apakah Anda Perlu Memiliki Asuransi Perjalanan ?

Apakah Anda Perlu Memiliki Asuransi Perjalanan ?

Sebagai manusia biasa, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita 2 jam lagi, esok atau beberapa bulan kemudian. Sekalipun itu kondisi terburuk seperti jatuh sakit, kecelakaan, kerusuhan ataupun pembatalan penerbangan. Hal tersebut bisa terjadi kapanpun, namun jika kita memiliki asuransi, perjalanan anda akan lebih terjamin. Keuntungan dari memiliki asuransi perjalanan adalah memberikan perlindungan bagi pejalan atas biaya dan kerugian yang tak terduga saat melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan dapat digunakan untuk perjalanan yang bertujuan untuk wisata ataupun untuk bisnis. Berikut ini adalah hal yang perlu kamu ketahui tentang asuransi perjalanan :

  1. Hal apa saja kah yang dijamin?

Hal yang dijamin oleh asuransi adalah kerugian atau kecelakaan diri, sakit dan biaya medis lainnya. Hal lainnya yang dijamin adalah hilangnya biaya tour yang telah anda bayar sebelumnya akibat resiko pembatalan atau jadwal yang dimajukan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan termasuk biaya akomodasi akibat penundaan jam penerbangan karena masalah teknis dari maskapai bersangkutan, masalah ketinggian pesawat terbang, pembajakan pesawat, hingga kehilangan, kerusakan atau tertinggalnya barang di bagasi.

  1. Bagaimanakah cara mendapatkannya?

Pastikan bahwa anda menggunakan biro perjalanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi perjalanan. Merkipun tidak ada peraturan wajib yang mewajibkan para pejalan memiliki asurasnsi perjalanan, namun tidak ada salahnya juga jika kita persiapkan hal tersebut baik-baik. Dalam kondisi tertentu terkadang kedutaan besar akan memproses lebih cepat berkas pengajuan visa bila berkas kita dilengkapi dengan polis asuransi perjalanan. Kita dianggap pejalan yang serius dan profesional sehingga pihak kedutaan besar tidak ragu untuk menyetujui visa anda.

  1. Hal apa saja yang dimaksud “di luar jangkauan”?

Bencana alam, nuklir, perang, dan larangan pemerintah setempat adalah beberapa hal yang berada di luar jangkauan asuransi perjalanan. Begitu juga dengan risiko kehilangan barang berharga, misalnya, perhiasan atau uang; juga kecelakaan saat melakukan olahraga ekstrem, seperti bungee jumping, berkuda, menyelam, dan lain-lain.

  1. Bagaimanakah cara mengajukan klaim?

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka anda harus segera lapor pada pihak asuransi. Ikuti prosedur pengajuan klaim, yaitu :

  1. mengisi formulir klaim dilengkapi dokumen penting yang mendukung proses klaim
  2. fotokopi tiket penerbangan (e-ticket), boarding pass asli, fotokopi halaman depan paspor, fotokopi paspor pada halaman di mana risiko terjadi.

Apabila melakukan perawatan medis di negara setempat, agen asuransi perjalanan biasanya memiliki kebijakan masing-masing, ada yang mendapatkan bantuan langsung hingga Anda tidak perlu mengklaim sepulangnya dari luar negeri, ada yang menggunakan sistem ganti rugi. Proses pengembalian uang biasanya dalam satu minggu uang kembali, dan dapat ditransfer melalui bank atau tunai sesuai dengan permintaan Anda

 

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/10/asuransi-perjalanan-perlukah

Berikan rating?