Hal Yang Kamu Dapatkan Setelah Tersesat Di Gunung

Hal Yang Kamu Dapatkan Setelah Tersesat Di Gunung

Tersesat memang bukanlah hal yang kita inginkan. Bahkan kita melakukan tips-tips tertentu yang bisa membuat kita terhindar dari resiko terbesar dalam pendakian ini. Tersesat memang merepotkan diri kita sendiri dan orang lain, apalagi tersesat di lingkungan alam yang tentu sangat menyeramkan jika harus kita jalani sendiri / terpisah dari kelompok. Namun, saat ini banyak hal-hal yang bisa kamu lakukan saat kamu tersesat dan hal-hal yang kamu dapatkan setelah tersesat di gunung :

  1. Memahami bahwa mengenali gunung yang didaki sangatlah penting

sumber : ekstrajurnal.blogspot.com
sumber : ekstrajurnal.blogspot.com

Carilah info sedetail mungkin mengenai gunung yang akan kamu daki. Mulai dari karakteristik, medan dan jalur yang akan kamu lalui. Jangan sampai kamu meremehkan dan merasa sok tau mengenai gunung yang kamu daki. Hal tersebut tentu bisa mencelakakan dirimu sendiri.

  1. Peralatan dan ilmu navigasi mutlak dimiliki dan dipahami oleh setiap pendaki

Gambar gunung - Kompas brunton

manfaatkan alat navigasi seperti kompas dan peta supaya kamu tidak tersesat. Jangan hanya dibawa, kamu juga harus mempelajari jalur-jalur pendakian sebelumnya. Tanpa kemampuan navigasi, kamu bisa tersesat oleh jalur-jalur bercabang.

  1. Mendaki tidak hanya soal fisik, namun juga kesiapan mental

sumber : www.bringingbackawesome.com
sumber : www.bringingbackawesome.com

kemungkinan terburuk di setiap pendakian adalah tersesat atau hilang di dalam hutan. Sebagai pendaki, kamu juga dituntut untuk siap dengan kejadian apapun yang datang padamu selama pendakian. Namun ketika musibah tersebut datang, janganlah panik dan tetap berpikir jernih supaya kamu bisa mengatasi musibah yang datang kepadamu. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menyiapkan pendakian ini dengan baik.

  1. Ketinggian tidak mencerminkan kesulitan yang akan dihadapi

sumber : www.djarumsuper.com
sumber : www.djarumsuper.com

ketinggian biasanya memang menjadi acuan kesulitan yang akan kita hadapai selama mendaki, namun ternyata patokan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu perlu memperhatikan medan naik turun, vegetasi hutan yang lebat serta tidak adanya jalur pendakian resmi bisa menjadi tantangan yang harus kamu hadapi saat mendaki gunung. Selain itu, jangan sampai kamu meremehkan ketinggian gunung yang tidak seberapa karena hal tersebut akan membuatmu merasa tinggi hati saat mendaki.

sumber : http://phinemo.com/6-pelajaran-berharga-saat-tersesat-di-gunung-sawal/

Berikan rating?