Manakah yang Harus Dikunjungi Dahulu? Gunung Semeru atau Gunung Bromo?

5/5 (1)

Manakah yang Harus Dikunjungi Dahulu? Gunung Semeru atau Gunung Bromo?

Sebagai orang awam yang belum pernah mengunjungi kedua gunung ini biasanya mereka akan bingung, manakah yang harus dikunjungi terlebih dahulu. Berikut adalah saran mimin yang bisa kalian pertimbangkan sebelum memilih salah satunya yang harus kamu kunjungi :

  • Kapan kalian akan mengunjungi

sumber : www.wisatamu.com
sumber : www.wisatamu.com

Bromo bisa dikunjungi kapanpun karena setiap saat lokasi taman wisata ini dibuka kecuali jika gunung bromo mengeluarkan tanda-tanda erupsi, maka mau tidak mau tempat wisata ini harus ditutup. Namun, jika tidak terjadi erupsi lokasi wisata ini dibuka setiap hari. Berbeda dengan gunung semeru, lokasi tempat wisata ini akan ditutup pada sekitar bulan desember hingga mei karena pada bulan-bulan tersebut merupakan musim hujan sehingga sangat cocok untuk dilakukan konservasi lingkungan sekitar taman nasional.

  • Berapa budget yang kalian miliki

sumber : uangteman.com
sumber : uangteman.com

Sudah tentu budget yang kamu butuhkan untuk ke bromo akan lebih murah dibandingkan dengan semeru. Jika kamu ke bromo, cukup menghabiskan 2 hari 1 malam disana. Namun tidak begitu jika kamu ke gunung semeru, kamu bisa menghabiskan sekitar 4 hari 3 malam disana. Tentu saja, semakin lama proses pendakianmu maka budget yang kamu butuhkan juga akan semakin banyak.

  • Seberapa besar kemampuan fisik yang kamu miliki

gambar gunung - wanita mandiri

Yap, kedua gunung ini memiliki karakteristik pendakian yang berbeda. Jika kamu ke bromo, kamu tidak perlu menginap di sekitar gunung dan tidak perlu membawa tas carrier seperti pendakian-pendakian ke gunung. Berbeda jika kamu harus ke gunung semeru, kamu benar-benar harus membawa tenda dan peralatan-peralatan mendaki lainnya. Dan tentu fisik yang kamu butuhkan untuk ke gunung semeru lebih ekstra dibandingkan dengan ke gunung bromo.

Mimin sarankan jika kamu adalah pendaki awam, cobalah ke bromo lebih dahulu. Karena jika kamu hanya mengikuti tren dan sok sokan ke semeru, itu tidak akan membuatmu keren jika ternyata kamu hanya merepoti orang lain dan bisa membahayakan untuk dirimu sendiri.

Berikan rating?