Tips Mendaki Saat Puasa

Tips Mendaki Saat Puasa

Mendaki saat puasa merupakan tantangan tersendiri buat kamu. Perlu niat yang kuat karena saat itu iman dan fisikmu benar-benar diuji. Namun jika rintangan dapat kamu lalui, maka puasamu pun juga akan terasa lebih bernilai. Berikut adalah tips mendaki saat puasa :

  1. Mantapkan dulu niatmu untuk mendaki gunung dan berpuasa disaat bersamaan. Jangan jadikan mendaki adalah alasanmu untuk tidak menyelesaikan puasa wajibmu karena disini yang menjadi kewajibanmu adalah puasa, bukan mendakinya.
  2. Adaptasikan kondisi tubuhmu dengan aktivitas mendaki. Jangan paksakan dirimu untuk terus mendaki ketika tubuhmu dalam kondisi lemas.
  3. Hindari jalur yang terlalu berat dan pilihlah jalur yang ramah untuk didaki. Sayangilah dirimu sendiri dan selalu ingat kewajiban utama yang harus kamu laksanakan dibandingkan keingingan untuk mendaki.
  4. Bawalah keril yang ringan dan minimalisir beban bawaan kerilmu ketika kamu sedang puasa. Tentu saja keril yang berat dapat menguras tenagamu saat mendaki.
  5. Pilihlah partner mendaki yang mendukung ibadah puasamu dan tidak memintamu untuk membatalkan puasa hanya demi akan mendaki gunung.
  6. Pilihlah waktu mendaki yang tepat. Untuk meminimalisir godaan yang didapatkan saat mendaki pada siang hari, kamu bisa memanfaatkan waktu sore untuk mulai mendaki karena sore hari dekat dengan waktu buka puasa. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai waktu ngabuburit dengan mendaki gunung.
  7. Bawalah makanan yang mencukupi asupan gizi yang kamu butuhkan pada saat puasa. Kamu membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak ketika kamu harus mendaki pada waktu puasa. Jangan hanya mengandalkan mie instan untuk konsumsimu.
  8. Jangan lupa ibadah saat mendaki. Bulan puasa merupakan bulan dimana amal baik akan dilipat gandakan, sehingga jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

Sumber : http://www.hipwee.com/travel/meski-sedang-berpuasa-8-tips-ini-bisa-membuat-aktivitasmu-mendaki-gunung-jalan-terus/

Berikan rating?