Tips Membawa Kamera Saat Mendaki Gunung

Tips Membawa Kamera Saat Mendaki Gunung

sumber : www.telusurindonesia.com
sumber : www.telusurindonesia.com

Kamera adalah benda yang bisa jadi sangat kamu butuhkan untuk merekam gambar disaat kamu sedang mendaki gunung. Dan jangan sampai hal-hal sepele membuat kamu gagal merekam momen pendakianmu. Seperti kita tau bahwa katanya “no pict no hoax” jadi tidak afdhol jika saat mendaki kita tidak mencoba merekam momen-momen yang ada. Ya sekalipun saat ini kamera di smartphone sudah sangat canggih, namun bagi beberapa orang, tidak akan merasa lega jika tidak mengabadikan momen dengan kamera pocket, mirrorless dan DSLR. Sehingga tidak heran jika kamu perlu tips-tips berikut ini untuk memjaga kameramu saat mendaki gunung.

 

  1. Pisahkan dari tas carriermu dan beri tas khusus yang dilengkapi dengan raincover

sumber : halloyuwono.wordpress.com
sumber : halloyuwono.wordpress.com

Kamu pasti tidak ingin kehilangan momen indah saat mendaki gunung,  untuk itu beri tas khusus untuk kamera sehingga akan memudahkanmu untuk mengambil atau meletakkan kembali kameramu. Pilih tas kamera yang aman dan memiliki busa yang tebal sehingga mencegah kameramu dari benturan yang keras. Karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi selama pendakian, jadi ada baiknya kita tetap perlu waspada.

  1. Jangan terlalu lama meletakkan kamera di dalam tas

sumber : www.infofotografi.com
sumber : www.infofotografi.com

Meletakkan kamera di dalam tas terus-menerus akan membuat lensa mudah berembun, hal tersebut dikarenakan perbedaan suhu yang derastis. Sehingga ada baiknya beri ruang yang sedikit terbuka pada tas kamera supaya suhu di dalam tas mampu menyesuaikan dengan udara luar.

  1. Gunakan beras untuk menghilangkan embun pada lensa

sumber : www.bintang.com
sumber : www.bintang.com

Ada tips trik yang memudahkan pendaki untuk mencegah lensa kamera kesayangan mereka berembun, yaitu dengan memanfaatkan beras logistik yang kita bawa selama mendaki. Ambil beras secukupnya dan kemudian masukkan ke dalam tas kamera. Jangan lupa untuk menutup tas kamera. Dinginnya beras membuat suhu dalam kamera turun dengan cepat sehingga embun pada lensa-pun bisa hilang.

 

  1. Baterai kamera yang mudah drop pada suhu dingin

sumber : nocamels.com
sumber : nocamels.com

Baterai kamera akan mudah drop pada suhu dingin, untuk itu jaga baterai kamera agar tetap hangat. Cara yang bisa kamu gunakan adalah ambil baterai kameramu sebelum tidur, kemudian masukkan baterai tersebut di saku jaketmu atau letakkan di dalam selimutmu. Dan hal yang selalu kamu perhatikan adalah jangan lupa membawa baterai cadangan saat mendaki.

 

sumber : http://www.greencampusoutdoor.com/2015/07/tips-membawa-kamera-saat-pendakian.html

Berikan rating?