Tips Memilih Sepatu Gunung

Tips Memilih Sepatu Gunung

sumber : jarangpanas.com
sumber : jarangpanas.com

Perjalanan mendaki gunung bukanlah perjalanan yang dapat dicapai dalam waktu 10 menit, 20 menit, namun bisa berjam-jam dan bahkan berhari-hari. Pemilihan sepatu / alas kaki perlu kita perhatikan demi kenyamanan dan keselamatan kita selama perjalanan. Perhatikan pula medan di pegunungan itu seperti apa, sehingga kita tidak salah dalam memilih alas kaki khususnya untuk sepatu gunung. Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan saat memilih sepatu gunung :

  1. Pilih ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran kaki anda

Hal ini perlu dilakukan supaya kaki anda tidak lecet karena mayoritas aktivitas seorang pendaki adalah berjalan dan melewati medan yang naik turun. Selain itu, jika anda menggunakan kaos kaki yang tebal maka tidak akan sesak jika kita menggunakan sepatu yang ukurannya lebih besar dibanding ukuran kaki kita. Perhatikan kenyamanan ketika kamu menggunakannya. Ada baiknya jika menggunakan kaos kaki yang berbahan wool karena nyaman, hangat dan mampu menyerap keringat.

  1. Waterproof

Apa yang terjadi jika sepatu yang kamu gunakan basah? Melepas dan menjemurnya? Atau mengganti sepatu? Ada berapa orang yang disini ketika mendaki membawa sepatu cadangan?

Pilihlah bahan sepatu yang waterproof sehingga sepatu tersebut akan membuat kaki kita terjaga untuk tetap kering selama perjalanan.

  1. Pilih sepatu yang memiliki leher cukup tinggi

Jika sepatu gunung kita memiliki leher yang cukup tinggi, maka sepatu tersebut akan melindungi mata kaki dan memperkokoh kekuatan pergelangan kaki kita. Sehingga resiko jatuh dengan kaki terkilir dapat kita minimalisir. Engkel merupakan bagian kaki yang sangat penting untuk menunjang gerakan kaki yang dinamis dan kokoh. Bisa dibayangkan jika kaki kita terkilir? Tujuan utama yang harusnya bisa kita capai di momen itu, bisa jadi menjadi kita harus mengulanginya di lain hari.

  1. Pilih outsole yang disesuaikan dengan medan pegunungan yang akan kita daki

Medan gunung di Indonesia sangatlah bervariasi, mulai dari tipe tanah yang datar, tanah yang lembek, kerikil, bebatuan keras, bebatuan licin dan berpasir. Sol yang soft akan lebih bagus untuk melintasi bebatuan. Namun ada baiknya anda memilih sol dengan tingkat kekerasan yang sedang mengingat medan pegunungan di Indonesia merupakan kombinasi dari berbagai medan seperti bebatuan licin, tanah yang lembek dan juga lumut.

Outsole yang baik adalah yang terbuat dari karet campuran dengan pola bergerigi dan pada tumit terdapat pola setengah bulat sehingga dapat mencengkeram tanah dengan baik.

  1. Pilih bahan sepatu yang baik dan ringan jika digunakan

Berat sepatu perlu kamu pertimbangkan karena sepatu yang berat hanya akan membuatmu berpikiran untuk membuang sepatumu saja. Tentu sepatu yang berat akan membuatmu cepat merasakan lelah. Selain itu, bahan sepatu yang baik yaitu bahan sepatu yang membuat kaki merasa lebih nyaman, mampu memperkecil resiko kulit kaki yang melepuh, dapat menyerap keringat dari kaki dan tentu harus cepat kering.

Sumber :

http://phinemo.com/hal-yang-wajib-diketahui-saat-memilih-sepatu-gunung/

http://jelajahgunung.com/tips-memilih-sepatu-gunung/

Berikan rating?