Tips Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Liburan

Tips Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Liburan

Tidak ada yang tidak merasa senang ketika liburan tiba, namun tidak ada-pula yang sedih ketika liburan habis, yang berarti kita harus kembali ke rutinitas seperti biasa. Apalagi liburan tersebut sangat singkat sehingga rasanya tidak sebanding dengan lelah kerjamu selama ini. Namun ada pula libur panjang yang membuat hari libur kita menjadi kebablasan. Ada istilah post-vacation blues- atau bisa disebut dengan kegalauan akibat berakhirnya liburan. Ini biasanya terjadi karena kamu harus kembali memikirkan beberapa deadline atau perasaan tersiksa yang muncul akibat pekerjaan. Akibatnya, bukan perasaan yang senang atau rileks yang kamu dapat, namun kamu malah tertekan akibat pikiran besok harus kerja, absen dan menghadapi tumpukan pekerjaan kembali. Lantas, apakah yang harus kita lakukan agar pekerjaan kita tidak terganggu oleh semangat yang menurun akibat berakhirnya liburan? Berikut adalah tips mengembalikan semangat kerja pasca liburan :

  • Maksimalkan hari liburmu

sumber : www.blogkaji.com
sumber : www.blogkaji.com

Tubuh ini tidak bisa digunakan untuk bekerja terus menerus. Kamu harus tetap bisa membagi waktu dan aktivitasmu kapan harus benar-benar bekerja dan kapan harus benar-benar menikmati liburan. Tinggalkan aktivitas kerjamu saat kamu harus menghabiskan waktu bersama keluarga atau kolegamu. Jadilah profesional untuk dirimu sendiri. Karena dengan cara ini lah maka kamu tidak akan merasa kurang dengan masa liburmu dan saat kamu harus memulai pekerjaanmu, kamu tidak akan mengalami masalah seperti yang sudah dijelaskan diatas.

  • Mulailah dengan aktivitas yang “mudah” terlebih dahulu

sumber : www.forbes.com
sumber : www.forbes.com

Seperti kendaraan yang sudah lama tidak digunakan, kamu harus mulai membiasakan aktivitas dan kerjamu dengan sesuatu yang mudah terlebih dahulu. Jika liburan panjangmu akan habis, maka mulailah dari aktivitas “pemanasan” terlebih dahulu dan jangan langsung membiarkan dirimu terjun langsung ke dalam pekerjaan yang berat. Atau mungkin 2 hari sebelum hari kerjamu tiba, kamu sudah memulai pemanasan mengingat sedikit demi sedikit tugas atau deadline dalam pekerjaanmu seperti apa.

Jangan takut kita tidak akan mendapatkan penghasilan ketika kita membiarkan sejenak tubuh ini beristirahat, namun takutlah ketika tubuh ini tidak dapat bekerja kembali. Karena sejatinya tubuh dan otak kita juga membutuhkan istirahat. Jadilah seorang manajer yang baik untuk diri sendiri dengan membagi waktu antara bekerja dan libur, jangan campur adukkan keduanya.

Berikan rating?