Tips Menukar Mata Uang Asing Saat Akan Berlibur ke Luar Negeri

Tips Menukar Mata Uang Asing Saat Akan Berlibur ke Luar Negeri

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berlibur keluar negeri adalah persiapan untuk penukaran uang yang akan kamu gunakan sebagai alat jual beli di luar negeri. Uang merupakan salah satu hal vital yang tentu saja dalam penggunaannya juga ada aturannya tersendiri di setiap negara. Sehingga kamupun juga tidak bisa seenaknya menggunakan Rupiah ketika kamu berada di negara lain. Berikut adalah tips menukar mata uang asing saat akan berlibur ke luar negeri :

  1. Daripada menukar di luar negeri, lebih baik tukarkan di Indonesia

Salah satu pertimbangan lebih baik kamu menukar uang tersebut di Indonesia adalah kemudahannya dalam berkomunikasi. Bahasa masih merupakan kendala yang tidak semua orang bisa mengatasinya. Tentu dalam melakukan transaksi penukaran uang, kita ingin menyampaikan apa yang kita harapkan dengan para penjual mata uang tersebut. Dan Bahasa yang paling mudah untuk kita gunakan dalam berkomunikasi adalah Bahasa Indonesia.

  1. Perhatikan tempat untuk menukarkan uang anda

Usahakan untuk menukarnya di Money Changer berizin karena jika dibandingkan dengan penukaran valuta asing lainnya, Money Changer ini akan menawarkan dengan nilai tukar yang paling tinggi. Jika Anda tidak menemukan Money Changer berizin terdekat, Anda bisa menukarkannya di bank maupun di bandara. Ada dua hal kelemahan yang harus Anda tahu ketika Anda menukarkan uang Rupiah dengan mata uang negara tujuan di bank maupun bandara. Ketika Anda menukarkan uang Rupiah dengan mata uang asing di bank, bisa jadi nilai tukarnya justru lebih rendah dibandingkan nilai tukar di Money Changer.

  1. Ada hal lain yang perlu diketahui mengenai penukaran di money changer

Memang nilai tukar yang ditawarkan bisa jadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tempat penukaran uang asing lainnya namun jangan sampai hanya karena hal ini Anda jadi tidak mempertimbangkan hal lain seperti adanya komisi penukaran uang.

  1. Jika tidak terburu-buru, manfaatkan untuk riset harga terbaik

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menukar uang dimana, bandingkan nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya. Perhatikan juga kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan pada dinding depan tempat penukaran tersebut.

  1. Jangan lupa untuk memperhitungkan waktu

Jadi kalau Anda menukarkannya jauh-jauh hari sebelum Anda akan menggunakan uang tersebut, bisa jadi Anda mendapatkan posisi terbaik untuk menukarkan Rupiah alias kurs jual sedang berada pada posisi yang relatif rendah dibandingkan pergerakan biasanya.

  1. Kalau bisa mendapatkan untung, mengapa tidak dilakukan

Ada baiknya Anda tidak terburu-buru untuk segera menentukan tempat penukaran uang yang berani menawarkan nilai tukar tinggi. Selain itu, penting untuk melakukan riset sebelum akhirnya Anda menukarkan uang terkait dengan kurs jual dan kurs beli yang berbeda di setiap tempat penukaran uang. Ingatlah bahwa kurs itu bergerak sesuai dengan permintaan dan penawaran pasar, maka Anda sendiri yang harus jeli dan cerdik dalam memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan posisi penukaran terbaik, termasuk dengan cara memanfaatkan perbedaan nilai tukar dengan mata uang asing lainnya.

Sumber :

https://www.cermati.com/artikel/tips-menukar-rupiah-ke-mata-uang-asing-saat-mau-liburan

Berikan rating?