Tips Traveling Bersama Hewan Peliharaan

Tips Traveling Bersama Hewan Peliharaan

Buat kamu yang menganggap hewan peliharaanmu seperti partner hidup yang sudah setia menemanimu sejak lama, biasanya merupakan sebuah dilemma sendiri jika kamu akan bepergian. Maunya ditinggal ke tempat penitipan hewan, namun terkadang ada rasa tidak tega dan khawatir yang mendatangi diri kita. Namun ternyata tidak semua hewan merasa nyaman jika diajak bepergian. Sehingga berikut adalah tips traveling bersama hewan peliharaan berdasarkan saran dari pakar hewan :

  1. Persiapkanlah segala perlengkapan dengan baik

Membiasakan hewan peliharaan kita untuk traveling sejak kecil ternyata bisa membantu kita untuk mengurangi stress mereka saat berada di perjalanan. Dampak stress pada hewan dapat membuat mereka malas makan dan melakukan apa-apa, sehingga bisa berujung kematian. Sehingga jika kamu sudah melihat bahwa mereka tidak nyaman, maka ada baiknya kamu mengurungkan niatmu untuk mengajak mereka traveling.

  1. Lakukan percobaan kecil supaya hewan peliharaanmu sedikit terbiasa

Biasakan hewan peliharaan Anda berada di dalam kandang angkut mereka sebelum melakukan perjalanan. Letakkan selimut dan makanan kesukaan mereka di kandang yang terbuka untuk mengundang mereka masuk.

“Bisa juga dengan menggunakan  feromon semprot, aroma alami yang biasa digunakan kucing untuk menandai sesuatu yang nyaman,” kata Carlo Siracusa, dari Kedokteran Hewan  Universitas Pennsylvania.

Setelah hewan peliharaan berada di dalam, tutup kandang angkut untuk waktu yang agak lama. Jika hewan peliharaan tampak nyaman, secara bertahap, tambahkan durasinya. Pastikan ventilasi udara di kandang dalam keadaan baik.

Siracusa tidak merekomendasikan obat penenang, tetapi jika menurut Anda memang diperlukan, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Selain itu, harus diketahui bahwa pemeriksaan keamanan hewan di bandara mungkin akan agak sulit bagi Anda yang memelihara kucing, “Sebab banyak kucing yang takut akibat bandara yang bising dan ramai. Jadi, pegangi mereka baik-baik,” katanya.

  1. Buat hewan peliharaanmu senyaman mungkin

Jika kamu mengajak hewan peliharaanmu traveling dengan mengendarai mobil, maka letakkan mereka di kabin bagian belakang dan sediakan fasilitas senyaman mungkin bagi mereka. Dan ingat, jangan letakkan mereka di atap mobil karena bisa berbahaya. Kamu juga harus biasakan untuk berhenti sejenak dan memberi mereka kesempatan untuk makan dan meregangkan anggota tubuhnya.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/08/tips-travelling-bersama-hewan-peliharaan

Berikan rating?