Jenis-jenis Celana Outdoor

Jenis-jenis Celana Outdoor

sumber : liputan6.com

Penting buatmu untuk mengetahui jenis-jenis celana outdoor supaya keberadaannya pun bisa tepat guna sesuai dengan manfaat dan kondisi pegunungan yang akan kamu daki. Berikut adalah jenis-jenis celana outdoor yang perlu kamu ketahui :

  1. Kalau kamu hanya akan mendaki gunung-gunung di Indonesia, memakai celana panjang saja sudah dinilai cukup

Pilihlah celana yang memiliki bahan tipis, mudah kering dan breathable. Bahan celana yang tipisa dapat mempermudah langkahmu. Sedangkan celana panjang dapat melindungi kakimu dari daun berduri, semak belukar, gigitan lintah dan udara yang dingin saat melakukan aktivitas outdoor.

  1. Kamu juga bisa memakai celana pendek, tapi kamu harus tetap memperhatikan efek negative dan keselamatanmu sendiri.

Biasanya buat kamu yang lebih menyukai hal santai, bebas dan leluasa, kamu bisa menggunakan jenis celana ini. Namun kamu harus siap menerima resiko yang bisa kapan saja kamu dapatkan seperti kaki tergores, digigit lintah atau terkena semak dari semak belukar. Celana ini paling cocok dikenakan untuk jalan-jalan ke pantai atau hiking dengan jalur yang tidak begitu ekstrim.

  1. Kamu juga bisa menggunakan celana kargo potongan (bisa panjang dan pendek) yang cukup praktis untuk travelling

Mungkin kamu adalah tipe orang yang tidak suka hal yang ribet, sehingga celana kargo ini bisa menjadi solusinya. Celana ini bisa kamu gunakan dalam dua versi yaitu celana pendek (untuk suasana santai) dan celana panjang (untuk keamanan).

  1. Tight pants atau celana ketat yang dapat berfungsi sebagai underwear bukan sebagai legging

Celana jenis tight pants ini digunakan sebagai base layer. Biasanya celana ini digunakan untuk bersepeda atau lari. Kalau kamu suka naik gunung, gunakan jenis celana ini untuk mengatur kelembaban. Tapi kamu juga jangan lupa menggunakan lapisan selanjutnya.

  1. Celana boxer panjang dan pendek yang dapat melindungi area sensitifmu

Celana ini dapat dikatakan juga sebagai underwear yang berfungsi sebagai pelindung area sensitive kamu dari gesekan-gesekan yang tidak kamu inginkan.

  1. Kamu juga bisa menggunakan Insulation Pants untuk menghangatkan tubuhmu bagian bawah

Jika sesuai dengan fungsinya, lapisan celana dibagi menjadi tiga. Lapisan pertama yaitu base layer, lapisan kedua yaitu insulation pants. Lapisan ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Jadi kamu bisa menggunakan jenis celana ini saat mendaki gunung dengan suhu yang cenderung lebih dingin.

  1. Sedangkan untuk pelindung utama, kamu membutuhkan outer shell pants

Jenis celana outer shell pants biasanya terbuat dari bahan yang tahan air dan breathable. Ketika berada di pendakian yang bersuhu ekstrim, kamu harus menggunakan ketiga lapisan dari celana ini mulai dari base layer, insulation pants hingga outer shell pants.

  1. Mountaineering expedition pants hanya kamu butuhkan untuk mendaki gunung dengan kondisi ekstrim

Jenis celana ini tidak cocok jika kamu gunakan untuk pendakian gunung-gunung di Indonesia. Celana jenis ini hanya cocok untuk gunung-gunung dengan cuaca ekstrim karena celana ini juga bisa sebagai sleeping bag.

http://phinemo.com/jenis-jenis-celana-outdoor/

Berikan rating?