Wujud Cinta Lingkungan Bagi Traveller

Wujud Cinta Lingkungan Bagi Traveller

Penggunaan alam sebagai sarana rekreasi dan hiburan idealnya disikapi dengan bijak. Ini diperlukan agar tidak terkesan merusak hingga mencemari lingkungan. Ini diperlukan sebagai komitmen mereka kepada alam dan generasi mendatang.

sumber : gogreenbella.wordpress.com
sumber : gogreenbella.wordpress.com

Menjadi traveller yang ramah lingkungan adalah sebuah impian yang sangat berharga, karena  setiap  melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, anda harus berusaha menerapkan prinsip “bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar”. Wisatawan atau traveller sesungguhnya memiliki peran sentral untuk mengelola dan tetap kriitis dalam melestarikan keindahan alam yang mereka kagumi. Beberapa sikap sebagai wujud kepedulian lingkungan yang dapat diterapkan antara lain :

  1. Mengurangi Karbon

Meningkatnya suhu bumi tentu mempengaruhi berbagai tempat, termasuk spesies di dalamnya dan mata pencaharian masyarakat. Bagi Anda para traveller, mulailah untuk memiliki gaya hidup cinta alam yang Anda kerap kagumi dengan memakai bahan bakar kendaraan ramah lingkungan. Kontribusi Anda juga bisa dilakukan dengan lebih banyak menanam pohon. Nampaknya Anda perlu membuat komitmen untuk setidaknya menamam satu pohon di tiap tempat yang Anda kunjungi saat berwisata.

  1. Tidak Buang Sampah Sembarangan

Banyak orang mengaku cinta kepada alam dan di waktu bersamaan juga membuang sampah tidak pada tempatnya. Gaya hidup tidak mau repot ini sebenarnya bisa disiasati, misalnya saat travelling, Anda bisa menggunakan botol air mineral daur ulang, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli air kemasan dan membuangnya sembarangan.

  1. Hindari Membeli Sesuatu yang Dilindungi

Berbelanja di tempat wisata tentu sungguh mengasyikan, apalagi jika pusat perbelanjaan tersebut menyediakan beranekarupa koleksi barang unik. Namun Anda perlu diperhatikan, apakah benda yang Anda beli sudah benar? Membeli souvenir di tempat wisata dari produk bagian-bagian hewan yang dilindungi, tentu sama halnya dengan memperpanjang kejaharan terhadap satwa liar yang semakin hari semakin sedikit keberadaannya.

  1. Meningkatkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Traveller tanpa memiliki gaya hidup ramah lingkungan sama hal dengan omong kosong. Gaya hidup ramah lingkungan tentu modal awal untuk menjadi seorang penjelajah. Tepat di Hari Bumi, berjanjilah pada diri sendiri, untuk tetap melestarikan keindahan alam dan budaya di berbagai tempat yang Anda kunjungi.

  1. Ajari Anak-anak Travelling dan Cinta Lingkungan

Mempersiapkan generasi masa depan yang cinta lingkungan adalah hal mutlak yang perlu diberikan orangtua pada anaknya. Mengajak anak menikmati keindahan alam sambil mengedukasi arti penting keletarian alam merupakan cara tepat menciptakan generasai cinta alam dan lingkungan.

  1. Berikan Donasi

Ini cara terakhir yang bisa dilakukan traveler untuk memberikan kontribusinya pada kelestarian alam. Banyak organisasi  di luar sana yang perlu dukungan untuk tetap berdiri menjaga kelestarian alam. Tidak melulu soal uang, sambil travelling Anda juga bisa berkontribusi dengan memberikan edukasi pada anak-anak di pedalaman.

Sumber :

https://letsescape.me/2014/03/20/wujud-cinta-lingkungan-seorang-travel-blogger/

http://www.riaupos.co/114936-berita-wisatawan-harus-peduli-lingkungan.html

https://www.google.co.id/search?q=wujud+cinta+lingkungan+bagi+traveller&biw=1517&bih=741&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj3n-y655TNAhWj46YKHcziAPcQ_AUIBygC&dpr=0.9

 

Berikan rating?